Kunjungan LPPM pekan lalu di pantai amal binalatung salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat, sesuai dengan undang – undang pendidikan no .12 tahun 2012 pasal 1 ayat 9 yaitu Tridaharma perguruan tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban perguruan tinggi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam kunjungannya ketua LPPM (hadriansa) bersama staf bidang penelitian (Muhammad Hafid)  dan pengabdian ( Muhammad fadlan) serta perwakilan dosen (Denis prayogi)  mengujungi salah satu petani rumput laut di wilayah pesisir pantai amal binalatung.

H. Ambo selaku petani rumput laut menjelaskan bahwa kondisi harga rumput laut sekarang tidak menentu, terkadang harga tiba-tiba turun karena kualitas rumput laut tidak bagus akibat cuaca. Kalau hujan dilaut bagus karena rumput laut bisa segar tetapi kalau musim kemarau kualitas rumput laut juga tidak bagus kata H. Ambo. Proses Pengeringan juga lama terkadang sampai dengan 1 minggu tergantung cuaca. Harapan petani ada alat yang dapat melakukan pengeringan rumput laut secara cepat.

LPPM STMIK PPKIA Tarakan Siap Membantu kendala Petani Rumput laut khususnya pada proses pengeringan rumput laut, mesin pengering rumput laut salah program pemerintah yaitu inovasi industri.